Mahasiswa TF jadi Top 9 Problem Solver Innovators

26 Maret, 2015

Mahasiswa TF jadi Top 9 Problem Solver Innovators

Mahasiswa Teknik Fisika yang tergabung dalam Bamboo Robotic Project terpilih sebagai salah satu dari 9 karya inovasi mahasiswa ITB terbaik dalam Innovators Expo di Aula Barat ITB pada hari Minggu 22 Maret 2015. Acara ini merupakan rangkaian dari gerakan  ITB Innovators Move yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) bekerja sama dengan KIBAR.

ITB Innovators Move merupakan program yang mengusung kolaborasi antar bidang keilmuan untuk membangun supporting system untuk ekosistem berinovasi di ITB. Mengusung tema Unleashing Hidden Potential Through Innovation, ITBinmove memicu mahasiswa untuk berinovasi dalam memecahkan masalah di Indonesia.
Bamboo Robotic Project 2012
Dalam kesempatan itu Bamboo Robotic Project TF ITB mengajukan inovasi robot alat musik tradisionil yang terdiri atas:

  • Robot angklung
  • Robot carumba
  • Robot cymbal

Robot-robot tersebut adalah karya Nugroho Hari Wibowo TF’10 dan Sigit Yudanto Tf’10 ketika  Andyaningrum Fauziah TF’12, Nova Mahendra Putra TF’10, Nadya Komara Putri TF’12, Rafid Fikri TF’12, Adam Yanuro TF’12, dan Hilmi Hanif TF’12. Mereka dibimbing oleh dosen Eko Mursito Budi dan dibantu oleh teknisi Iyan.
 
Selain Bamboo Robotic Project dari Teknik Fisika, delapan karya inovatif lainnya yang terpilih pada acara ITBinmove ini adalah Semen Hidup, Helixponik, Oseanopori, Mafis (Mikro Alga), Aplikasi Darurat, Smart Helmet, Kabin dan Automatic Weather System.