Teknik Fisika Meraih Penghargaan HP Technology for Teaching Award 2008

19 Januari, 2009

Program Studi Teknik Fisika ITB telah meraih HP Technology for Teaching Award 2008.  Project yang diajukan adalah Integrating HP Mobile Computing Technology for Mixed Energy Instrumentation and Control. Project tersebut merupakan project yang bersifat multidisiplin dan telah menjadi bahan yang cukup panas dan cukup lama bagi para dosen dan akhirnya akan segera tercapai saat ini.
Grant yang diperoleh meliputi:

  1. Satu paket notebook untuk dosen
  2. 20 paket Tablet Personal Computer untuk mahasiswa
  3. Wireless Access Point
  4. Satu printer laser besar
  5. Uang tunai $20.000

Grant yang diperoleh akan digunakan untuk pengaturan energi dari berbagai sumber :

  • Dua set susunan PV (Photo Voltaic) yang telah terpasang di Labtek VI, dalam maintainancenya menggunakan HP tablet PC sebagai instrumentasi untuk mengukur radiasi matahari dan listrik arus searah yang dihasilkan oleh PV yang kemudian hasil pengukurannya di kirim pada server Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) melalui jaringan wireless.
  • Listrik DC yang dihasilkan dikonversi ke listrik AC dan di transmisikan ke lab Mulitimedia dan menyatu dengan power alur listrik untuk pencahayaan di lab. Sebuah sistem kontrol cerdas telah mengatur pencahayaan agar energi yang digunakan seefisien mungkin.
  • Menggunakan HP tablet PC, dimanapun di jaringan kampus baik mahasiswa ataupun dosen dapat terhubung ke server SCADA dan dapat merasakan dalam monitoring dan management energi.

Untuk mengaplikasikan project ini, dalam melatih mahasiswanya akan dibangun laboratorium khusus di Labtek IV di bagian Engineering TF-3206.
Semua ini tentu dapat tercapai karena hasil kerjasama dari berbagai pihak. Para dosen yang ikut terlibat adalah:

  • Eko M. Budi : Principal Investigator
  • Aman Mostavan : Ahli Photovoltaic
  • Estiyanti Ekawati : Ahli Instrumentasi
  • Edi Leksono : Ahli Energi
  • Wisnu Hendrajit : Ahli Air Conditioning

Semua telah bekerjasama untuk membuat TF lebih baik, dan kedepannya TF akan terus membaik. [ca]