PELATIHAN PRODUCT SOUND QUALITY

22 Juli, 2013


Kelompok Keahlian Teknik Fisika (KK-TF) bekerja sama dengan PT. LAPI telah menyelenggarakan training ‘Product Sound Quality for Quality Improvement’ pada tanggal 17-21 Juni 2013 di ruang multimedia Teknik Fisika ITB yang dihadiri oleh 9 orang peserta dari PT Astra Honda Motor.


Product Sound Quality (PSQ) adalah sebuah teknologi baru yang dimanfaatkan untuk menjembatani desain produk dengan persepsi suara yang diharapkan (sound perception) berdasarkan pilihan pengguna (user preference). Dalam beberapa hal suara dapat bersifat positif atau negatif terhadap pilihan pengguna pada suatu produk. Produk dengan suara atau bising yang terlalu tinggi mungkin tidak akan dipilih oleh pengguna, walaupun pengguna tidak mengharapkan produk tersebut tanpa suara (silent). Meskipun bersifat subyektif, PSQ memerlukan sebuah pemahaman yang terstruktur tentang identifikasi gejala-gejala fisis suara yang ditimbulkan oleh produk, yang mencakup ilmu dasar akustik (fundamentals of acoustics), pemrosesan sinyal akustik (acoustic signal processing), teknik pengendalian bising (engineering noise control) serta psiko-akustik (psychological acoustics). Untuk dapat melakukan proses PSQ terhadap desain produk secara menyeluruh maka diperlukan penguasaan terhadap teori dasar, penggunaan perangkat lunak penganalisa dan simulasi sinyal akustik, pemilihan metode dan teknik pengukuran akustik yang sesuai dengan standar, serta kemampuan untuk melakukan perbaikan atau pengendalian suara melalui rekayasa komponen-komponen dari produk.
Sebagai salah satu produsen otomotif terkemuka di Indonesia, PT. Astra Honda Motor (AHM) telah menunjukkan perhatian yang tinggi terhadap isu-isu yang berhubungan dengan PSQ. Persepsi suara yang diharapkan dari produk-produk AHM, khususnya para pecinta motor Honda, telah di-identifikasi dan dianggap perlu untuk direspon secara tepat, baik untuk meningkatkan mutu produk maupun pangsa pasar motor Honda di Indonesia. Teknologi PSQ untuk mengidentifikasi suara produk yang dikehendaki oleh pengguna atau untuk menunjukkan adanya kelemahan-kelemahan pada desain produk, dapat pula dilembagakan menjadi suatu bidang riset dan kompetensi baru di lingkungan AHM.
Pelatihan ini merupakan sesi pertama mengenai dasar-dasar serta konsep akustik yang diharapkan akan memberikan landasan kepada peserta workshop mengenai bagaimana suara dapat diradiasikan oleh sebuah produk dan bagaimana propagasinya dalam udara dapat diterima oleh pendengar. Materi-materi yang diberikan antara lain dasar-dasar akustik, instrumentasi akustik, pemrosesan sinyal akustik, mekanisme pendengaran, medan suara, pengenalan silencer, pengukuran daya suara, identifikasi sumber suara, serta sumber suara dan radiasi daya suara. Selain materi di dalam ruang kelas, peserta juga diberikan praktikum pengukuran daya suara serta pengukuran intensitas yang kemudian hasil pengukurannya dipetakan.