Beasiswa ITB

6 Maret, 2015

KULIAH ITB GAK MAHAL LHO….

Institut Teknologi Bandung memiliki tim beasiswa yang berpengalaman dan berdedikasi dalam mengelola penyaluran beasiswa di ITB. ITB telah menyiapkan tim terbaik untuk membantu mahasiswa dengan berbagai kendala dan keterbatasannya dalam upaya mendapatkan beasiswa. ITB meyakini bahwa tiada boleh ada mahasiswa yang tidak selesai kuliah di ITB karena alasan ekonomi.

Beasiswa di ITB secara umum terdiri dari Beasiswa Ekonomi dan Prestasi. Jumlah mahasiswa ITB program sarjana berjumlah lebih kurang 15.000 orang, penerimaan mahasiswa baru sekitar 3.500 or ang setiap tahunnya . ITB telah mencanangkan zero drop out (DO) bagi mahasiswa yang mengalami ketidakmampuan secara ekonomi, namun secara akademik memiliki potensi besar untuk menuntaskan studinya. Oleh karenanya, ITB harus mengupayakan sejumlah beasiswa baik yang bersumber dari ITB, dana masyarakat, sumbangan swasta maupun donatur lainnya, Institut Teknologi Bandung melalui Lembaga serta anggaran yang disediakan pemerintah, Kemahasiswaan (LK) ITB mengelola, baik pemerintah daerah, maupun pemerintah mengembangkan dan mendistribusikan pusat. Untuk kalian yang ingin kuliah di ITB jangan khawatir apabila tidak mampu dalam hal ekonomi, ITB akan membantu pendanaan selama kuliah di kampus tersebut. Adapun jenis-jenis beasiswa tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Beasiswa Biaya Penyelenggaraan Pendidikan dibayar di Muka (BPPM) (Sebesar 55 juta rupiah di bayarkan di awal masuk ITB)
  2. Beasiswa Biaya Penyelenggaraan Pendidikan Per Semester (BPPS) (BPPS adalah Biaya Kuliah Per Semester (SPP))
  3. Beasiswa Bantuan Biaya Hidup (Standar biaya hidup menyesuaikan dengan standar hidup yang telah di susun oleh Tim Beasiswa)
  4. Beasiswa Bantuan Buku
  5. Beasiswa Bantuan Tugas Akhir (TA)

ITB juga menyediakan beasiswa Bidik Misi bagi mahasiswa baru dari awal masuk sampai lulus dalam periode empat tahun. Mekanisme pendaftaran beasiswa tersebut dilaksanakan oleh pihak masing-masing sekolah dan hasil ketetapan penerimaan peserta bidik misi menjadi wewenang kampus yang dituju oleh siswa. Beasiswa bidik misi merupakan bantuan pendidikan mahasiswa dari pemerintah pusat dengan prestasi menjadi syarat mutlak namun berasal dari golongan ekonomi rendah. Bidik Misi di ITB menjadi beasiswa yang terbesar dengan bantuan dana per bulan untuk mahasiswa yakni Rp 950.000,-.Terkait dengan penyaluran dana beasiswa, ITB memiliki kebijakan untuk tidak mengutip biaya pendidikan dari alokasi dana yang tersedia, yaitu 1 juta rupiah/mahasiswa/bulan. Total Rp950.000,- disalurkan langsung kepada mahasiswa untuk memenuhi standar biaya hidup minimum di Bandung termasuk untuk asrama/tempat tinggal. Sedangkan sebesar Rp50.000,- digunakan untuk membiayai kegiatan – kegiatan pengembangan karakter bagi mahasiswa Bidik Misi seperti outbond, training motivasi/pengembangan karakter, kegiatan pengabdian pada masyarakat oleh mahasiswa bidik misi, mentoring dan lainnya. Seleksi mahasiswa penerima bantuan Bidik Misi dilakukan dengan mempertimbangkan faktor ekonomi, sesuai dengan panduan yang diberikan oleh Kemendikbud. Selain berdasarkan data ekonomi yang diterima juga dilakukan survey lapangan ke tempat tinggal calon mahasiswa tersebut.

Jadi buat kalian yang ingin kuliah di ITB jangan memiliki keraguan dan harus optimis. Kesempatan beasiswa di ITB sangat terbuka lebar dan banyak mitra beasiswa dari Alumni, perusahaan, pemerintah yang telah bekerja sama dengan ITB.