Single Blog Title

This is a single blog caption
22 Mar 2019

Call for Paper: Seminar Nasional Sistem Instrumentasi, dan Kontrol (SIK) 2019

/
Posted By
/
Categories

Bandung, tf.itb.ac.id – Kelompok Keahlian Instrumentasi dan Kontrol, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung  akan menyelenggarakan Seminar Nasional Sistem Instrumentasi, dan Kontrol (SIK) 2019 di Bandung, 31 Juli-2 Agustus 2019.

SIK 2019 ditujukan sebagai wadah untuk memudahkan pertukaran informasi dan ilmu sistem instrumentasi dan kontrol. Kegiatan ini akan melibatkan praktisi professional, peneliti, maupun mahasiswa dari Indonesia di bidang-bidang tersebut. Ini merupakan suatu langkah persiapan dalam menghadapi pasar bebas ASEAN. Hal ini juga akan sangat baik untuk mempersiapkan diri beradaptasi dengan perubahan trend teknologi sistem instrumentasi dan kontrol secara global.

Kegiatan SIK tahun 2019 ini juga hadir dengan konsep baru. SIK akan diselenggarakan bersamaan dengan The 6th International Conference on Instrumentation, Control, and Automation 2019 (ICA 2019). Rangkaian acara ini juga mengharapkan adanya kiriman-kiriman makalah yang nantinya akan diseleksi. Makalah terpilih nantinya akan dipublikasikan pada Jurnal Otomasi, Kontrol, dan Instrumentasi (JOKI/ISSN: 2460-6340 ) atau Jurnal Inovasi Pertahanan dan Keamanan (JIPK/ISSN: 2615-4986 ).

SIK 2019 mengundang peneliti dari berbagai perguruan tinggi, pusat penelitian dan pengembangan, dan lembaga penelitian untuk berpartisipasi dalam mengirimkan makalah. Bukan hanya dari kalangan akademisi profesional, industri dan mahasiswa juga diajak dalam mengirimkan makalah hasil penelitian, kajian dan studi masing-masing.  Semua itu diharapkan terkait dengan topik yang menjadi fokus pada SIK 2019, yang tentu tetap tidak terbatas pada acuan itu saja.

Topik – topik ini sendiri dibagi dua. Topik pertama adalah sistem instrumentasi. Diversifikasi topik ini, antara lain, pengolahan sinyal, pengolahan citra, metrologi dan standarisasi, instrumentasi medik, tomografi, dan lain sebagainya. Topik kedua adalah rekayasa kontrol. Perluasan dari topik tersebut adalah bidang-bidang seperti fuzzy & expert system, stochatic control, artificial intelegence, dan sebagainya.

Untuk tanggal-tanggal penting beserta perluasan yang lebih lengkap terkait topik, bisa diakses melalui http://www.sik-itb.org/