Keliling Laboratorium Teknik Fisika dalam Perhelatan Orientasi Fakultas Teknologi Industri

10 Agustus, 2019

Bandung, tf.itb.ac.id – Salah satu acara tahunan dari Fakultas Teknologi Industri adalah kaderisasi wilayah/orientasi fakultas. Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan mata cara tourlab. Tourlab adalah sebuah kegiatan yang membolehkan para mahasiswanya sebagai peserta bisa berkeliling mengunjungi laboratorium. Pada kesempatan ini, program studi Teknik Fisika juga diikutkan dalam sesi tourlab. Laboratorium-laboratorium yang dibuka antara lain Manajemen Sistem Instrumentasi dan Kontrol, Manajemen Energi, dan Sistem Instrumentasi.

Perhelatan keliling laboratorium ini sebenarnya bertujuan untuk meningkatkan minat ingin tahu peserta akan jurusan Teknik Fisika. Selain itu, setiap peserta juga diharapkan bisa dipersuasui sesuai dengan minat dan bakat mereka dalam menentukan jurusan mereka kedepannya.

Untuk Laboratorium Manajemen Sistem Instrumentasi dan Kontrol, mereka menampilkan sistem – sistem industri seperti conveyer belt, sistem kontrol kereta, ataupun model mini-plant. Percontohan-percontohan itu diadakan untuk memberikan gambaran kasar kepada calon peserta apa saja pegangan seorang insiyur Teknik Fisika kedepannya. Terlihat anak-anak sangat antusias dan melontarkan banyak pertanyaan.

Selanjutnya, peserta dibawa untuk masuk ke Laboratorium Sistem Instrumentasi. Di dalam laboratorium tersebut mahasiswa dikenalkan dengan alat-alat spesifik pada industri tertentu, antara lain mini plant process trainer armfield, mini plant tangki delta V, mini plant flow, mini plant conveyor belt. Alat-alat ini dikenalkan bersamaan dengan core dari instrumentasi seperti PLC (Programable Logic Control) dan DCS (Distributed Control System)

Terakhir, peserta dibawa ke Laboratorium Manajemen Energi. Ini merupakan salah satu laboratorium yang menghadirkan teknologi maju soal sistem pengaturan energi, namanya, Si Elis. Sistem pengaturan energi ini merupakan gabungan dari teknologi IoT (Internet of Things) dan data science.

Dari sekian banyak laboratorium tersebut, program studi Teknik Fisika tentu berharap agar para peserta wawasannya bertambah dan keinginan mereka untuk berpartisipasi menjadi mahasiswa Teknik Fisika semakin tinggi.