Single Blog Title

This is a single blog caption
10 Agu 2019

Kerja Sama ITB melalui Teknik Fisika dan THALES untuk Workshop Airport Security

/
Posted By
/
Categories

Bandung, tf.itb.ac.id – Selasa (30/12/2019), Institut Teknologi Bandung melalui program studi Teknik Fisika mengadakan kegaiatan “Try a Real Airport Security Management System” bersama dengan perusahaan keamanan bandara, THALES. Kegiatan ini mengundang setiap elemen pengajar dan civitas akademika di ITB untuk bisa ikut berpartisipasi. Bukan hanya itu, kegiatan ini juga mengundang perusahaan dan stakeholders, seperti P.T. Len, AP2, MOT, dan lain-lain. Totalnya, acara ini dihadiri oleh 50 profesional dan 70 mahasiswa.

Acara yang bertempat di ruang rapat Teknik Fisika, Gd. T.P. Rachmat, Labtek VI, lantai 2 ini dimulai pada pukul 07.30 WIB. Pembukaan diberikan oleh Prof. Yul Yunazwin M. Sc., DIC. Sebagai perwakilan juga dari Teknik Fisika ITB terutamanya KK Instrumentasi dan Kontrol.

Sesi pertama dimulai dengan pengenalan akan bandara pintar (smart airport). Penjelasan ini dimulai dengan definisi, kelengkapan, dan contoh-contoh praktikal dalam keberjalanan sistem pintar bandara ini di dunia. Selanjutnya, para peserta diajak untuk memahami hal-hal yang lebih teknis, seperti alur keamanan penumpang, keamanan bandara secara inti, dan operasi dari bandara. Pada sesi satu ini, peserta yang diperbolehkan hadir hanyalah dosen, profesional/konsultan, dan stakeholders.

Sesi kedua tidak jauh berbeda, acara tetap dibuka dengan pengetahuan umum dan awal untuk manajamen bandara pintar.  Namun, peserta dikhususkan hanya pada mahasiswa. Oleh karena itu, penjelasan teknis juga sifatnya hanya pengenalan dan dasar.

Seusai acara ini, harapannya, ke depan insan akademik Indonesia, terutama ITB, bisa memiliki fokus juga terhadap bandara kita terutama dari segi keamanannya. Tentu ini akan menjadi penting dan bisa berperan sebagai modal awal Indonesia untuk menjadi negara yang lebih maju.