Single Blog Title

This is a single blog caption
10 Agu 2019

Mahasiswa Teknik Fisika ITB Berhasil Menjuarai Video Competition Fly Your Ideas 2019

/
Posted By
/
Categories

Bandung,tf.itb.ac.id – Perusahaan aviasi multinasional, Airbus, setiap dua tahun melaksanakan kompetisi kerekayasaan bagi civitas akademik dari perguruan tinggi. Tahun ini, Institut Teknologi Bandung, lewat dua mahasiswa Teknik Fisika 2017, Alif Riqzullah Mahdi dan Karina Ardellia, beserta dua mahasiswa Teknik Dirgantara 2017 dalam tim Pandawacakra ikut bertarung ide dengan tim luar biasa lainnya dari penjuru dunia. Hasilnya, Pandawacakra berhasil menyabet gelar tim dengan video terbaik dalam kompetisi Fly Your Ideas 2019.

Perlombaan ini sebenarnya adalah ajang komparasi antar ide tiap tim tentang inovasi yang harus dimiliki oleh Airbus untuk pesawat produksi mereka. Ide yang diperbolehkan untuk diikutkan dalam kompetisi sangat luas, mencakup seluruh layanan, teknologi, maupun manajemen dari sistem pesawat Airbus.

Untuk tahun ini, ide-ide yang diberikan harus merupakan irisan dari teknologi maju dan terintegrasi konektivitasnya. “Ada beberpa kategori ide, seperti Cyber Security, IoT, Data Sciences, dan lain-lain. Tim kami memilihnya Mixed Reality, jadi idenya pakai Virtual Reality (VR), ” tutur Karina.

VR adalah suatu keadaan di mana pengguna teknologi bisa merasakan kenyataan hanya melalui perangkat teknologi. Ide yang dari VR diambil oleh Pandawacakra bertujuan unguk menjadikan adanya virtual world dalam pesawat terbang. “Intinya, kita mau buat penumpang bisa merasakan langsung tempat turisme mana yang menarik di tujuan mereka lewat virtual reality, supaya meraka bisa merasakan langsung suasana tempatnya, ” jelas Alif soal ide tim tersebut.

Dengan ide seperti di atas, Pandawacakra berhasil melenggang melewati babak 1 dari perlombaan, yaitu pitching. Namun sayang, ide tersebut belum cukup untuk membawa mereka lolos dari babak berikutnya, prototyping.

Namun, walaupun gagal memembus babak ketiga, tim mereka terpilih menjadi bagian dari peringkat 10 besar untuk video terbaik. Semua video tersebut disebar luas di internet. Pihak panitia juga membuka voting untuk dilakukan pemungutan suara dalam menentukan video terbaik.

Hasilnya, Pandawacakra berhasil meraih 8.000 pemilih dari total 18.000 pemilih. Mereka mengalahkan tim dari Itali dan Inggris di peringkat dua dan tiga.

Berikut ini video yang berhasil menjadikan mereka juara https://www.facebook.com/AirbusFlyYourIdeas/videos/465052494325098/