Single Blog Title

This is a single blog caption
22 May 2020

Robot Non-Kontak untuk Pengoperasian Elevator

/
Posted By
/
Categories

Dalam masa pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung saat ini, usaha pencegahan risiko penularan menjadi sangat penting. Terlebih dengan berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa virus corona yang mewabah saat ini dapat bertahan di berbagai permukaan bahan seperti bahan metal dan kardus. Dengan informasi tersebut, masyarakat semakin waspada dalam keseharian terkait dengan sentuhan permukaan kulit dengan barang tertentu terutama pada fasilitas umum. Oleh karena itu, dosen Teknik Fisika ITB, Dr. Endra Joelianto, mengupayakan untuk menciptakan sebuah robot non-kontak untuk pengoperasian elevator atau yang biasa kita sebut sebagai lift.

Cara kerja alat ini memungkinkan pengguna elevator dapat memilih lantai tujuan tanpa menekan tombol lantai pada elevator. Cukup dengan menunjukkan jari sebagai isyarat angka di depan kamera yang terpasang pada bagian dalam elevator, pengguna dapat menginstruksikan kepada robot untuk menekan tombol lantai tujuan. Dengan demikian, pengguna elevator tidak perlu lagi khawatir dengan paparan virus yang mungkin tertinggal pada permukaan tombol dari pengguna sebelumnya yang mungkin bertindak sebagai pembawa virus.

Saat ini, purwarupa dari robot non-kontak ini tengah dikembangkan di Laboratorium Artificial Intelligence and Control Automation (AICA), KK Instrumentasi dan Kontrol, Prodi Teknik Fisika ITB. Dalam pengembangan alat ini, Dr. Endra dibantu oleh Steven Bandong, MT., mahasiswa program Doktor Teknik Fisika ITB. Diharapkan alat ini bisa segera berhasil pada tahap pengujian saat ini dan segera digunakan di berbagai fasilitas umum yang membutuhkan.

Informasi lebih lengkap tentang pengembangan alat ini dapat ditengok pada halaman website ini.