Single Blog Title

This is a single blog caption
27 Apr 2021

Virtual Run and Ride IATF, Memperkuat Ikatan dan Bantu Sesama

/
Posted By
/
Categories

Bandung, tf.itb.ac.id – Pada bulan maret yang lalu program studi Teknik Fisika bekerja sama dengan Ikatan Alumni Teknik Fisika (IATF) mengadakan event Virtual Run & Ride (VRR). VRR IATF adalah Gerakan olahraga secara virtual (tanpa tatap muka) yang diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan semangat guyub melalui olahraga bersama di masa pandemi sekaligus penggalangan dana bagi mahasiswa TF ITB melalui beasiswa TF1000.

Melalui VRR Periode I ini, alumni dapat berpartisipasi dengan melakukan registrasi pada laman virtualrun-iatf.com dan memilih kegiatan lari (run) dengan target 20,21 km, sepeda (ride) dengan target 100.1 km, ataupun memilih keduanya sekaligus. Perekaman kegiatan lari dan sepeda dilakukan dengan aplikasi Strava, sebuah aplikasi untuk merekam dan berbagi kegiatan olahraga, sehingga setiap alumni dapat berpartisipasi dimanapun mereka berada. Rekaman aktivitas dari aplikasi Strava selanjutnya akan terpampang pada leaderboard virtualrun-iatf.com yang menampilkan aktivitas seluruh peserta VRR selama race day.

Ronggo Saprutro (TF01) mengikuti program Virtual Run and Ride IATF dari Singapura

Pada event VRR periode 1 ini tercatat 207 pelari dan pesepeda dengan komposisi 142 pelari dan 65 pesepeda dari berbagai angkatan. Selain itu, melalui event ini telah berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp32.409.528 yang berasal baik dari donasi pendaftaran event, donasi lepas, serta dukungan dari PT. Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat).

Dana yang terkumpul nantinya akan disalurkan melalui program TF1000 untuk membantu biaya perkuliahan bagi mahasiswa TF ITB yang membutuhkan. Terbukti program TF1000 telah membantu banyak mahasiswa hingga saat ini. Para penerima bantuan TF1000 merasa bantuan dari program ini cukup mengurangi permasalahan biaya yang mereka alami selama menjalani perkuliahan.

Selain bertujuan dalam rangka menggalang dana, dalam event ini juga terdapat beberapa kategori penghargaan untuk meningkatkan semangat dan kompetisi antar alumni; yaitu kategori tercepat, terlama, ternyicil untuk masing-masing cabang olahraga. Selain itu ada juga award kategori unik yaitu alumni influencer; alumni paling akurat & presisi; serta dosen tergigih.

Suasana closing ceremony Virtual Run and Ride yang dilaksanakan secara virtual

Serangkaian acara VVR IATF sendiri berakhir pada 11 April 2021 yang ditutup dengan closing ceremony virtual. Melalui closing ceremony, pelaksana acara sangat mengapresiasi alumni TF ITB serta peserta VRR IATF yang telah bersedia mengikuti rangkaian acara di tengah kesibukan yang sedang dihadapi. Setelah melakukan pemaparan beberapa pencapaian VRR IATF 2021 season 1, diumumkan juga pemenang tiap kategori yang bisa diakses pada laman virtualrun-iatf.com. Dengan berbagai manfaat yang diberikan, diharapkan nantinya program VRR IATF dapat berlanjut di season-season berikutnya.