Single Blog Title

This is a single blog caption
7 Mei 2021

Turut Berdukacita atas Kepergian Dr. Ir. Ida Bagus Ardhana Putra

/
Posted By
/
Categories

Bandung, tf.itb.ac.id – Pada hari Jumat, 7 Mei 2021 pukul 01.41 WIB, keluarga Besar Komunitas Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung (TF ITB) telah kehilangan salah satu staf pengajar terbaiknya, Dr. Ir. Ida Bagus Ardhana Putra, di RS Santosa, Bandung. Selama masa baktinya, beliau dikenal cukup memberikan banyak kesan bagi orang-orang di sekitarnya.

Satyagraha Tedja yang merupakan Alumni Teknik Fisika angkatan 87 bercerita mengenal Pak Ardhana pertama kali sebagai salah satu dosen yang mengajar mata kuliah Perpindahan Panas Massa. Menurut Satyagraha, Pak Ardhana banyak memberikan bantuan pada saat pengerjaan Tugas Akhirnya di KBK Fisika Bangunan. Pak Ardhana sendiri mengusulkan penelitian tentang Active Noise Control yang akhirnya diambil sebagai topik penelitian Tugas Akhirnya. Beliau juga memberikan saran artikel materi terkait penelitian yang saat itu cukup susah dicari karena belum adanya akses internet. Karena kebutuhan alat penelitian, Pak Ardhana juga meminjamkan alat amplifier miliknya. Setelah menyelesaikan Tugas Akhir dan lulus, Satyagraha juga masih menjaga komunikasi dengan Pak Ardhana hingga pada akhirnya diberi tawaran bekerja sebagai Kepala Laboratorium Komputer di Universitas Bhayangkara Jakarta.

Terkenal ramah dan suka membantu, Pak Ardhana juga dianggap sukses membawa kompetensi Teknik Fisika ke bidang Industrial Noise Analysis dan Mapping. Edi Leksono, yang merupakan salah satu rekan kerja Almarhum menuturkan sudah banyak pelaku industri mengundang pak Ardhana untuk melakukan pemetaan kebisingan di tempat industri yang mana memiliki dampak besar demi menjaga kesehatan serta kenyamanan kerja bagi para pekerja di area dengan sumber kebisingan yang tinggi. Tidak heran jika Pak Ardhana telah dianggap banyak meninggalkan jejak yang luar biasa di dunia Industri Indonesia saat ini.

Atas seluruh jasa dan bakti beliau yang cukup besar, kami segenap keluarga besar Teknik Fisika ITB turut berduka cita serta merasa kehilangan atas kepergian beliau. Semoga keluarga dan kerabat beliau diberi ketabahan dalam menghadapi cobaan yang diberikan dan semoga dosa-dosa beliau diampuni serta seluruh amal beliau diterima disisi-Nya.