Single Blog Title

This is a single blog caption
6 Jul 2022

Rapat Akhir Tahun FKMTF Indonesia 2022

/
Posted By
/
Categories

Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Fisika (FKMTF) Indonesia adalah sebuah wadah bagi mahasiswa Teknik Fisika dari beberapa Universitas di Indonesia yang memiliki tujuan untuk mewujudkan terjalinnya komunikasi antar mahasiswa Teknik Fisika se-Indonesia dalam sebuah ikatan kekeluargaan yang didasarkan pada Pancasila dan Tridharma Perguruan Tinggi. Tahun ini, terdapat tujuh Universitas yang terdaftar sebagai anggota FKMTF yaitu Universitas Multimedia Nusantara, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Nasional, Institut Teknologi Bandung, Telkom University, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember. 


Pada tanggal 27-29 Mei 2022 yang lalu, FKMTF Indonesia mengadakan Rapat Akhir Tahun (RAT) yang dihadiri oleh beberapa perwakilan atau delegasi mahasiswa Teknik Fisika dari masing-masing Universitas. Kegiatan ini dilaksanakan di Institut Teknologi Sumatera, Bandar Lampung. Pada kesempatan ini, Teknik Fisika ITB mengirimkan empat orang perwakilan dari HMFT-ITB. Keempat orang tersebut adalah Timothy (13319002), Iwan (13319067), Alfi (13319099), dan Rozaq (13320062). Salah satu tujuan dari kegiatan RAT ini adalah sebagai kegiatan pelaporan pertanggungjawaban BPH FKMTF 2021/2022 yang menandakan berakhirnya kepengurusan periode 2021/2022 dan sudah siap melakukan regenerasi untuk kepengurusan FKMTF yang berikutnya. 

Beberapa kegiatan yang dilakukan selama RAT FKMTF adalah laporan pertanggungjawaban BPH FKMTF, sidang amandemen AD/ART, dan pelantikan kepengurusan FKMTF 2022/2023. Alfi, Ketua Himpunan HMFT-ITB periode 2022/2023 yang juga berkesempatan untuk berkunjung ke ITERA merasa bahwa dari seluruh rangkaian kegiatan yang ada, sidang amandemen AD/ART lah yang paling mengesankan. “Gua gapernah punya kesempatan untuk berpartisipasi di kegiatan-kegiatan sidang kayak gitu, yang mana vibes-nya formal, seringkali tegang saat banyak pihak yang interupsi dan saling memberikan argumen dalam suatu perdebatan, dan kadang diselipin momen-momen lucu di antaranya,” ungkap Alfi.

Timothy, salah satu delegasi HMFT-ITB ke FKMTF juga berpendapat bahwa kunjungan saat itu memberikan banyak insight karena bisa banyak belajar di bidang organisasi dan keilmuan Teknik Fisika. Pada saat itu, Timothy juga berkesempatan menjadi pimpinan sidang yang mana merupakan pengalaman baru baginya. “Seru banget, cuman tegang aja karena harus serius dan merhatiin setiap peserta sidang,” ucap Timothy.

Dengan berakhirnya rangkaian kegiatan Rapat Akhir Tahun kemarin, berakhir pula masa jabatan delegasi HMFT-ITB 2021/2022 dan beregenerasi ke kepengurusan selanjutnya. Semoga segala usaha yang telah dikerahkan selama satu kepengurusan bisa memberikan dampak yang baik untuk FKMTF itu sendiri, dan juga semoga penerus-penerus yang terpilih untuk mengemban amanah di FKMTF selanjutnya dapat meneruskan kebaikan-kebaikan yang telah disebarkan sebelumnya.

 

Penulis: M. Ihsan M (Teknik Fisika 2019)