_Sarjana_TF

Previous
Next

Sarjana Teknik Fisika

Perkembangan teknologi yang terjadi di tengah masyarakat masa kini dimotori dengan penguasaan berbagai bidang sains dan teknologi secara bersamaan. Terlebih dengan berbagai permasalahan yang seringkali muncul dalam bentuk kompleks dan melibatkan banyak faktor yang sulit untuk dipecahkan dengan pendekatan monodisiplin. Oleh karena itu, penguasaan dan pemahaman multi-fisis serta multi-skala amatlah dibutuhkan untuk menemukan solusi yang tepat dan optimal bagi berbagai permasalahan tersebut.

Program sarjana Teknik Fisika (TF)  bertujuan untuk mencetak sarjana teknik yang mampu mengembangkan diri, cepat beradaptasi serta lihai dalam menjembatani konsep pengetahuan dasar sains dan implementasinya sehingga dapat berperan dalam penerapan maupun pengembangan teknologi. Dengan empat bidang keahlian utama yaitu instrumentasi dan kontrol, energi dan termal, fisika bangunan, dan komputasi dan proses material, seorang sarjana TF mampu berkarya dalam berbagai sektor industri dan pengembangan teknologi masa kini. Berbekal dengan pemahaman berbagai ilmu dasar serta kemampuan teknis kerekayasaan yang unggul, sarjana TF diharapkan menjadi garda terdepan dalam mendorong kemajuan penguasaan ilmu kerekayasaan dan teknologi baik di tanah air maupun kancah internasional.

Jembatan antara Sains dan Teknologi

Instrumentasi dan Kontrol
Energi dan Termal
Fisika Bangunan
Komputasi & Proses Material

Data & Fakta

Dosen

80 % staf dosen TF bergelar Doktor dari berbagai universitas terbaik dalam dan luar negeri.

Kompetensi Pendidikan

Sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah disusun, Sarjana Teknik Fisika ITB siap berkarya sebagai profesional di industri, lembaga penelitian dan institusi akademik.

Akreditasi

Prodi TF ITB merupakan salah satu prodi pertama yang meraih akreditasi internasional ABET di ITB serta Akreditasi UNGGUL dari Badan Akreditasi Nasional RI.

Indikator dan Capaian Lulusan

Kurikulum, indikator kinerja pendidikan dan capaian lulusan TF ITB mengedepankan penguasaan dasar sains dan rekayasa yang terpadu secara harmoni sesuai dengan perkembangan teknologi serta kebutuhan terkini masyarakat. 

Studi

Gelar Sarjana Teknik (S.T.) ditempuh dalam 4 tahun yang terdiri atas 1 tahun tahap persiapan bersama (TPB) + 3 tahun tahap sarjana.

Jalur Masuk

Program Sarjana Teknik Fisika menerima mahasiswa setiap tahunnya melalui beberapa jalur penerimaan yang ditetapkan oleh ITB baik jalur SBMPTN, SNMPTN dan SM ITB. Mahasiswa diharuskan melalui tahap persiapan bersama (TPB) di Fakultas Teknologi Industri (FTI) kampus Ganesa selama satu tahun sebelum memulai pendidikan sarjana di Prodi Teknik Fisika. Penerimaan mahasiswa di TF ITB dapat melalui proses saringan penjurusan prodi saat TPB maupun melalui jalur peminatan.

Informasi lebih lanjut terkait pendaftaran mahasiswa baru ITB dapat anda temui pada laman resmi penerimaan mahasiswa baru ITB.