S3 Teknik Fisika

Program Doktor Teknik Fisika (S3)

Program Studi Doktor Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung dirancang untuk memberikan kemampuan lebih mendalam pada bidang engineering yang spesifik, berdasarkan pada perkembangan teknologi terkini dan kecenderungan perkembangan teknologi masa depan.

Visi

Menjadi pusat studi doktor bidang teknik fisika yang diakui pada tingkat nasional, regional dan internasional.

Misi

  • Menyelenggarakan  pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang mampu merancang, memfungsikan dan menganalisis sistem dengan lebih dari satu gejala dan atau besaran fisika.
  • Menyediakan lingkungan belajar yang kohesif untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengembangan dan pelayanan profesional dalam bidang-bidang instrumentasi dan kontrol, fisika bangunan dan akustik, komputasi dan proses material, serta instrumentasi optika dan pencitraan
  • I. Tujuan

    Tujuan utama Program Studi Doktoral Teknik Fisika adalah mendidik sumberdaya manusia dengan penguasaan keilmuan dan kemampuan dalam riset yang sesuai dengan capaian pembelajaran (learning outcomes) level 9 pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Secara spesifik, profil lulusan doktoral Teknik Fisika sekurang- kurangnya:

    Memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri menjadi seorang profesional yang sukses pada posisi yang kompetitif baik di industri, instansi pemerintah, lembaga penelitian maupun dunia akademik sesuai sengan keilmuan Teknik Fisika yang ditekuninya.

    Memiliki kemampuan mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset serta pengembangan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional

    Memiliki kemampuan menjadi peneliti yang menciptakan, menumbuhkan serta mengembangkan ilmu dan teknologi terkini serta mampu menjunjung tinggi profesionalisme, etika, serta hasrat untuk belajar sepanjang hayat.

    II. Program Doktor Teknik Fisika

    Program studi Doktor Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung dirancang untuk memberikan kemampuan lebih mendalam pada bidang engineering yang spesifik, berdasarkan pada perkembangan teknologi terkini dan kecenderungan perkembangan teknologi masa depan. Latar belakang pengetahuan yang diperoleh pada program sarjana dan magister dapat memadai untuk memulai program Doktor Teknik Fisika, yang menyediakan beberapa bidang riset, yaitu:

    1. Instrumentasi dan Kontrol
    2. Intelligent System
    3. Fisika Bangunan & Akustik
    4. Computational Acoustics
    5. Optical Instrumentation
    6. Komputasi & Proses Material
    7. Special Functional Materials

    Kurikulum

    Persyaratan Umum dan Formulir Perdaftaran

    Persyaratan umum penerimaan dan pendaftaran Program Doktor Teknik Fisika dapat dilihat pada website Program Pasca Sarjana ITB

    Pendaftaran
    Keterangan lebih lanjut beserta jadual seleksi masuk dapat diperoleh di:
    Tata Usaha Akademik Program Studi Doktor Teknik Fisika ITB
    Lab.Tek VI, lantai 2, Jl. Ganesa 10, Bandung-40132
    Fax. : 022 – 2506281 ext 136, 137