Sambutan Kaprodi

Sambutan Ketua Komunitas dan Kaprodi Sarjana TF ITB

Selamat datang pada situs resmi Program Studi Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung (ITB).

Program Studi Sarjana (S-1) Teknik Fisika ITB merupakan wujud program pendidikan yang bertujuan untuk mencetak sarjana teknik yang mampu dapat menjembatani berbagai konsep keilmuan sains dalam pengaplikasian dalam berbagai keilmuan kerekayasaan serta senantiasa beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat sesuai dengan perkembangan zaman. Melihat cepatnya perkembangan teknologi dan industri, pada kenyataannya bidang-bidang yang berkembang tersebut memiliki irisan yang sangat besar dengan keilmuan yang dipelajari di Teknik Fisika. Sebutlah robotik, smart building, artificial intelligent, sensor dan IoT, teknologi Nano, semua bidang-bidang ini dipelajari pada program studi Teknik Fisika.

Selanjutnya, dengan adanya bekal keilmuan Teknik Fisika, seorang sarjana lulusan program studi ini mampu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dengan mengembangkan teknologi baru dan tepat guna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat baik di berbagai tingkatan baik kancah nasional mapun internasional.

Dalam usaha pencapaian tujuan tersebut, Program Studi Sarjana Teknik Fisika ITB merancang kurikulum terbaik berbasis pendekatan inter-disiplin yang sudah terakreditasi A dari BAN-PT dan meraih sertifikasi secara internasional dari Badan Akreditasi Internasional ABET. Sesuai dengan kurikulum yang tersusun, mahasiswa sarjana dapat memilih bidang spesialisasi yang meliputi Instrumentasi, Kontrol, Energi, Material, dan Fisika Bangunan. Selain pemberian materi teoritik akan dasar-dasar ilmu sains dan kerekayasaan di dalam kelas, mahasiswa Program Sarjana Teknik Fisika juga meraih pemahaman praktikal dari kegiatan praktikum di laboratorium, kerja praktik dan magang di industri/lembaga penelitian serta kunjungan industri (company visit) ke berbagai industri dan lembaga terkemuka baik dalam maupun luar negeri.

Selain kegiatan akademik di kampus, Program Studi Sarjana Teknik Fisika ITB juga mendukung kegiatan-kegiatan non-akademik yang melatih soft skill mahasiswa seperti berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik (HMFT), pembimbingan lomba-lomba kemahasiswaan, kegiatan summer school, pertukaran pelajar serta pengalaman organisasi baik di dalam maupun luar kampus ITB. Seorang lulusan Teknik Fisika diharapan menjadi insan paripurna yang memiliki kemampuan tajam dalam menganalisis permasalahan dari berbagai gejala fisis yang ada, mampu mengukurnya secara akurat dan menciptakan solusi dengan mengintegrasikan berbagai jenis teknologi terkini serta memiliki kemampuan sosial dan interpersonal yang baik guna menyelesaikan masalah secara tepat guna bagi masyarakat.

Dengan motivasi tersebut, saya mengundang lulusan-lulusan terbaik sekolah menengah atas untuk bergabung bersama kami di komunitas Teknik Fisika ITB.

Salam,

Brian Yuliarto, Prof., Ph.D.

Ketua Komunitas & Ketua Prodi Sarjana Teknik Fisika ITB