Sambutan Kaprodi

Sambutan Ketua Komunitas dan Kaprodi Sarjana TF ITB

Selamat datang pada situs resmi Program Studi Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pernah dengar tentang Elon Musk dan Steve Jobs? Mereka adalah Techology Entrepreneur yang tenar pada Millenium ini. Sejarah juga mencatat beberapa Techology Entrepreneur pada masanya, antara lain Thomas Alfa Edison, Nikola Tesla, Alan Turing, Olive Ann Beech, Madam Curie dan Ada Lovelace. Apa yang kesamaan mereka semua? Mereka adalah manusia berwawasan luas, berani berpikir ‘out of the box’, berani belajar dan bekerja lintas ilmu dan keahlian, untuk mewujudkan passion mereka menjadi masterpiece yang mengubah dunia.

Bila ingin mengembangkan potensi Anda untuk menggantikan posisi mereka, Program Studi Sarjana (S-1) Teknik Fisika ITB adalah tempatnya. Program Studi Sarjana (S-1) Teknik Fisika ITB adalah program pendidikan yang mencetak sarjana teknik dengan kemampuan menjembatani berbagai konsep sains dan kerekayasaan, sehingga mampu beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat, dan ikut memimpin perkembangan zaman.

Silakan sebut bidang yang menantang dalam Milenium ini.Smart Building and Environment? Smart Farming? Smart City? Mechatronic & Robotics? Artificial Intelligence? Internet of Things? Nanotechnology? Biomedical Engineering? Art & Technology? Di Program Studi Sarjana (S-1) Teknik Fisika ITB Anda akan mendapatkan bekal logika, pengetahuan dan keterampilan yang kuat dan adaptif untuk terjun di biang tersebut. Anda bahkan dapat mengembangkannya lebih jauh untuk memenuhi kebutuhan masyarakat baik kancah lokal, nasional maupun internasional.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Program Studi Sarjana Teknik Fisika ITB menjalankan kurikulum terbaik dengan pendekatan inter-disiplin. Kurikulum dan atmosfer pembelajaran ini telah diakui dan terakreditasi A dari BAN-PT Indonesia. Program Studi Sarjana Teknik Fisika ITB juga termasuk beberapa Program Studi pertama di Indonesia yang terakreditasi internasional oleh ABET. Dalam kurikulum ini, Anda dapat memilih bidang spesialisasi Fisika Bangunan dan Lingkungan, Instrumentasi dan Kontrol, Sistem dan Manajemen Energi maupun Rekayasa Material Baru. Tidak terbatas pada teori sains dan kerekayasaan di dalam kelas, kemampuan praktikal Anda juga akan digembleng dalam kegiatan praktikum di laboratorium, kerja praktek dan magang di industri/lembaga penelitian serta kunjungan industri (company visit) ke berbagai industri dan lembaga terkemuka, baik dalam maupun luar negeri.

Selain kegiatan akademik, Anda juga dapat terjun di kegiatan ekstra kurikuler yang membangun soft skill, seperti berbagai pengalaman organisasi, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam wadah Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik (HMFT) serta Keluarga Mahasiswa (KM) ITB, kesertaan dalam lomba-lomba kemahasiswaan, summer school serta pertukaran pelajar Internasional.

Semua ini membekali Anda untuk menjadi seorang lulusan Teknik Fisika paripurna, yang cermat memotret permasalahan dari beragam gejala fisis, akurat mengukurnya, tajam menganalisisnya, dan cerdas menciptakan solusi melalui mengintegrasi berbagai teknologi terkini. Lulusan Teknik Fisika juga berani, adil dan elegan dalam memberi solusi tepat guna untuk masyarakat. Masih penasaran? Silakan tanya para alumni kami.

Karena itu, tunggu apa lagi? Mari bergabung bersama kami di Program Studi Teknik Fisika ITB!

Salam,

Ir. Estiyanti Ekawati, MT., Ph.D., IPM.

Ketua Prodi Sarjana Teknik Fisika ITB