Atmosfer Internasional

Internasionalisasi Teknik Fisika ITB

Akreditasi Internasional

Sejak tahun 2012, Program Studi Sarjana Teknik Fisika, ITB telah berhasil mengantongi akreditasi internasional dari Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET), Amerika Serikat. Prodi Sarjana Teknik Fisika termasuk prodi yang terakreditasi ABET pada periode awal akreditasi di lingkungan ITB. Hingga saat ini, Prodi sarjana TF ITB telah berhasil mempertahankan akreditasi ABET pada proses reakreditasi pada tahun 2016.

Pertukaran Mahasiswa, Kegiatan Workshop dan Perlombaan Internasional

Dalam menunjang kegiatan akademik serta meningkatkan proses pemahaman mahasiswa terhadap materi-materi perkuliahan di kelas. Prodi TF ITB memfasilitasi berbagai kegiatan mahasiswa termasuk pertukaran mahasiswa, kegiatan workshop internasional serta mendukung keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan lomba atau kompetisi internasional.

Program pertukaran mahasiswa ke perguruan tinggi di luar negeri dapat membantu mahasiswa untuk merasakan paparan internasional baik dalam bentuk kegiatan perkuliahan maupun kegiatan riset/penelitian. Pada beberapa tahun terakhir, setiap tahunnya selalu ada mahasiswa di lingkungan TF ITB yang berhasil melaksanakan kegiatan pertukaran pelajar. Universitas tujuan program pertukaran pelajar ini adalah Tokyo University of Agriculture and Technology (TUAT), Tohoku University, Osaka University, yang ketiganya berada di Jepang. Lalu beberapa mahasiswa telah melaksanakan program pertukaran pelajar ke Korean Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dan Ajou University di Korea Selatan, Eindhoven University of Technology di Belanda. Selain itu, Prodi TF ITB telah beberapa kali menjadi tuan rumah atau host bagi beberapa mahasiswa asing yang berasal dari Republik Ceko, Jepang, Denmark dan Jerman. Selain kegiatan pertukaran pelajar, beberapa kali mahasiswa sarjana TF ITB berhasil melaksanakan kegiatan summer internship di Conseil européen pour la recherche nucléaire (CERN), sebuah organisasi riset nuklir eropa.

Arifin Luthfi

Arifin Luthfi (S1 TF) ketika menjalani kegiatan summer school di CERN, Swiss tahun 2018

Johanna Muliany (S1 TF) pada pertukaran pelajar di TUAT, Tokyo, Jepang tahun 2018

Komunitas TF ITB juga secara rutin menyelenggarakan berbagai kegiatan workshop dan seminar internasional seperti The International Conference on Instrumentation, Control and Automation (ICA) yang secara rutin diselenggarakan setiap dua tahun sekali sejak tahun 2006. Selain itu, komunitas TF ITB juga aktif dalam beberapa seminar rutin yang diselenggarakan bersama beberapa lembaga lain, seperti seminar Engineering Physics International Conference yang secara rutin diselenggarakan bergiliran di beberapa universitas yang memiliki jurusan Teknik Fisika di Indonesia. Selain kegiatan seminar, beberapa workshop juga diselenggarakan oleh Prodi Teknik Fisika seperti pada bidang Material Komputasional, Akustik, serta Instrumentasi dan Kontrol. Disamping itu, mahasiswa-mahasiswa TF ITB terbiasa untuk berpartisipasi dalam kegiatan perlombaan internasional.

Kerjasama Internasional

Untuk mendukung kegiatan pengamalan tridharma perguruan tinggi, komunitas TF ITB juga aktif dalam melaksanakan kerjasama dengan berbagai lembaga riset dan universitas luar negeri, beberapa diantaranya:

  • Osaka University, Jepang
  • Salford University, UK
  • Korean Advanced Institute of Science and Technology, Korea
  • National Institute of Material Sciences, Jepang
  • Japan Advanced Institute of Science and Technology, Jepang
  • Massachussetts Institute of Technology, Amerika Serikat
  • Rijk Universiteit Groningen, Belanda
  • Tohoku University, Jepang

Selain itu, komunitas TF ITB juga memiliki beberapa orang staf akademik internasional dengan posisi sebagai Honorary Professor.