S2 Instrumentasi dan Kontrol

Program Studi Magister Instrumentasi dan Kontrol (S2 IK)
Program Studi Magister Instrumentasi dan Kontrol bertujuan untuk menciptakan Magister Teknik dengan kemampuan menggunakan dan mengembangkan teknologi instrumentasi dan kontrol secara profesional.

Pendahuluan
Dunia industri dewasa ini memiliki sifat berubah dengan cepat dan semakin maju (advanced). Produksi tepat waktu, kualitas tinggi, keamanan operasi dan optimalisasi produksi merupakan kriteria-kriteria yang sangat diperhatikan di industri. Salah satu faktor penentu dalam memenuhi kriteria tersebut adalah penggunaan sistem instrumentasi dan kontrol yang tepat dan efisien.
Suatu inovasi baru untuk menghasilkan suatu produk yang mutakhir dapat terwujud bila didukung oleh sistem instrumentasi dan kontrol yang handal. Lebih jauh, perkembangan industri di segala bidang dewasa ini sangat dipengaruhi oleh peranan konsep otomatisasi sistem yang ditunjang oleh instrumen-instrumen yang canggih serta teknik kontrol konvensional dan modern (advanced).
Dengan kurikulum serta program penelitian yang telah disiapkan, Program Studi Magister Instrumentasi dan Kontrol siap untuk mendidik dan melatih untuk menjadikan Magister Teknik yang mampu menggunakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi instrumentasi dan kontrol secara profesional untuk tujuan pendidikan, penelitian, maupun tujuan aplikasi di industri.
Dengan bekal yang diperoleh, Magister Instrumentasi dan Kontrol dapat memenuhi kebutuhan kalangan industri antara lain untuk industri proses, industri manufaktur, industri strategis (industri penerbangan, kimia, telekomunikasi, perkapalan, peleburan baja, elektronika, dan industri militer), industri instrumentasi kedokteran, biro konsultan, jasa konstruksi, universitas dan lembaga penelitian.
Magister Teknik Instrumentasi dan Kontrol juga diharapkan mampu untuk menggunakan ilmunya untuk melaksanakan atau menangani suatu proyek penelitian, untuk menyelesaikan persoalan instrumentasi atau sistem kontrol untuk beraneka ragam kebutuhan di masyarakat.
Sejak berdirinya, Program Studi Magister Instrumentasi dan Kontrol telah banyak meluluskan mahasiswa dari berbagai macam instansi pemerintah dan swasta, kalangan industri dan penelitian.

Visi :

Menjadi program studi magister kelas dunia yang menghasilkan lulusan dengan fondasi kuat dalam fisika, matematika dan dasar-dasar rekayasa sehingga mampu menyelesaikan berbagai persoalan rekayasa terutama pada bidang instrumentasi dan kontrol.

Misi :

Memberikan layanan ilmu dan teknologi yang sebaik-baiknya bagi mahasiswa maupun masyarakat luas dengan jalan :

  • Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dalam rangka membangun sumber daya manusia bangsa Indonesia pada kualifikasi pascasarjana yang mumpuni dalam kompetensi di bidang ilmu pengetahuan serta teknologi instrumentasi dan kontrol.
  • Mengembangkan kegiatan pendidikan dan penelitian yang mampu mendukung pembangunan industri yang kuat, berkualitas dan kompetitif, yang bertumpu pada komponen-komponen pendukung yang handal dari sisi sumber daya manusia maupun sistem instrumentasi yang mampu bekerja secara efektif dan efisien.
  • Mendiseminasikan kegiatan penelitian, membangun kemampuan SDM yang handal dalam pengembangan dan rancang bangun instrumentasi, sistem instrumentasi, dan sistem kontrol yang optimal serta bermanfaat sesuai dengan kebutuhan.

Tujuan Pendidikan

Tujuan utama Program Studi Magister Instrumentasi dan Kontrol adalah mendidik sumberdaya manusia dengan penguasaan keilmuan dan kemampuan dalam riset yang sesuai dengan capaian pembelajaran (learning outcomes) level 8 pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Secara spesifik, profil lulusan magister Instrumentasi dan Kontrol sekurang-kurangnya:

  • Memiliki kemampuan melakukan pengembangan dan penelitian secara mandiri, berwawasan luas, terampil dalam analisis, inovasi dan sintesis
  • Memiliki kemampuan meningkatkan diri secara berkelanjutan, serta mampu bersaing dengan setiap perubahan serta tuntutan nasional maupun internasional di bidang instrumentasi dan kontrol
  • Memiliki kemampuan menempuh pendidikan lanjut S3 maupun peneliti yang mengembangkan ilmu dan teknologi terkini serta mampu menjunjung tinggi profesionalisme, etika, serta hasrat untuk belajar sepanjang hayat

Kurikulum
Untuk menyelesaikan program studi, mahasiswa Program Studi Magister Instrumentasi dan Kontrol harus menyelesaikan beban sks minimum sejumlah 36 sks matakuliah maupun praktikum dalam waktu 4 (empat) semester (lihat tabel berikut), termasuk penelitian pada akhir program kuliah.
Untuk detail kurikulum klik link ini.

Pendaftaran
Keterangan lebih lanjut beserta jadwal seleksi masuk dapat diperoleh di

Tata Usaha Akademik Program Studi Teknik Fisika
Gedung TP Rachmat (Labtek VI) Lantai 2 Institut Teknologi Bandung
Jalan Ganesha No. 10 Bandung
Telp. 022-250 4424 (ext 136, 137)
Fax. 022-2506281