Capaian Pembelajaran

Program Studi

Capaian Pembelajaran Program Studi

1. Problem Solving

An ability to identify, formulate, and solve complex engineering problems by applying principles of engineering, science, and mathematics

1. Pemecahan Masalah

Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan dan memecahkan masalah rekayasa yang kompleks dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip rekayasa, sains, dan matematika

2. Engineering Design

An ability to apply engineering design to produce solutions that meet specified needs with consideration of public health, safety,and welfare, as well as global, cultural, social, environmental, and economic factors 

2. Perancangan Kerekayasaan

Kemampuan melakukan desain rekayasa untuk menghasilkan solusi yang memenuhi kebutuhan tertentu dengan memperhatikan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan publik, serta faktor-faktor global, kultur, sosial, lingkungan, dan ekonomi 

3. Communication

An ability to communicate effectively with a range of audiences

3. Komunikasi

Kemampuan berkomunikasi secara efektif dengan berbagai khalayak

4. Ethic and Profesionalism

An ability to recognize ethical and professional responsibilities in engineering situations and make informed judgments, which must consider the impact of engineering solutions in global, economic, environ-mental, and societal contexts

4. Etika dan Profesionalisme

Kemampuan mengambil tanggung jawab etikal dan profesional dalam berbagai situasi rekayasa, serta membuat keputusan berdasar informasi, dengan memperhatikan dampak solusi rekayasa pada konteks global, ekonomi, lingkungan, dan sosial 

5. Teamwork

An ability to function effectively on a team whose members together provide leadership, create a collaborative and Inclusive environment, establish goals, plan tasks, and meet objectives

5. Kerjasama Tim

Kemampuan untuk berfungsi secara efektif dalam sebuah kelompok, dimana para anggota bersama-sama membentuk kepemimpinan, menciptakan lingkungan yang kolaboratif dan inklusif, meletakkan tujuan, merencanakan tugas, serta mencapai sasaran

6. Experimentation

An ability to develop and conduct appropriate experimentation, analyze and interpret data, and use engineering judgment to draw conclusions

6. Eksperimen

Kemampuan mengembangkan dan melakukan eksperimen yang tepat, menganalisis dan menafsirkan data, serta menggunakan pertimbangan teknis untuk mengambil kesimpulan

7. Learning

An ability to acquire and apply new knowledge as needed, using appropriate learning strategies

7. Pembelajar

Kemampuan untuk mempelajari dan menerapkan pengetahuan baru sesuai keperluan, dengan strategi belajar yang tepat

1. Problem Solving

An ability to identify, formulate, and solve complex engineering problems by applying principles of engineering, science, and mathematics

1. Pemecahan Masalah

Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan dan memecahkan masalah rekayasa yang kompleks dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip rekayasa, sains, dan matematika

2. Engineering Design

An ability to apply engineering design to produce solutions that meet specified needs with consideration of public health, safety,and welfare, as well as global, cultural, social, environmental, and economic factors 

2. Perancangan Kerekayasaan

Kemampuan melakukan desain rekayasa untuk menghasilkan solusi yang memenuhi kebutuhan tertentu dengan memperhatikan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan publik, serta faktor-faktor global, kultur, sosial, lingkungan, dan ekonomi 

3. Communication

An ability to communicate effectively with a range of audiences

3. Komunikasi

Kemampuan berkomunikasi secara efektif dengan berbagai khalayak

4. Ethic and Profesionalism

An ability to recognize ethical and professional responsibilities in engineering situations and make informed judgments, which must consider the impact of engineering solutions in global, economic, environ-mental, and societal contexts

4. Etika dan Profesionalisme

Kemampuan mengambil tanggung jawab etikal dan profesional dalam berbagai situasi rekayasa, serta membuat keputusan berdasar informasi, dengan memperhatikan dampak solusi rekayasa pada konteks global, ekonomi, lingkungan, dan sosial 

5. Teamwork

An ability to function effectively on a team whose members together provide leadership, create a collaborative and Inclusive environment, establish goals, plan tasks, and meet objectives

5. Kerjasama Tim

Kemampuan untuk berfungsi secara efektif dalam sebuah kelompok, dimana para anggota bersama-sama membentuk kepemimpinan, menciptakan lingkungan yang kolaboratif dan inklusif, meletakkan tujuan, merencanakan tugas, serta mencapai sasaran

6. Experimentation

An ability to develop and conduct appropriate experimentation, analyze and interpret data, and use engineering judgment to draw conclusions

6. Eksperimen

Kemampuan mengembangkan dan melakukan eksperimen yang tepat, menganalisis dan menafsirkan data, serta menggunakan pertimbangan teknis untuk mengambil kesimpulan

7. Learning

An ability to acquire and apply new knowledge as needed, using appropriate learning strategies

7. Pembelajar

Kemampuan untuk mempelajari dan menerapkan pengetahuan baru sesuai keperluan, dengan strategi belajar yang tepat

Agar dapat diukur, setiap setiap capaian lulusan dijabarkan menjadi beberapa Indikator Kinerja (performance indicator) dengan tingkat pemikiran (cognitive level) tertentu. Dalam hal ini, dipakai tingkat pemikiran sesuai revised-Bloom pada tabel berikut:

LevelNameDeskripsi
1RememberingMenyebutkan pengetahuan dari ingatan jangka panjang
2UnderstandingMenjelaskan arti dari suatu subyek dalam konteks yang relevan
3ApplyingMenerapkan suatu prosedur / metode yang panjang secara tertib untuk mencapai tujuan tertentu
4AnalysingMenjabarkan struktur internal dan cara kerja suatu sistem sehingga jelas kegunaan dan unjuk kerjanya
5EvaluatingMembuat penilaian atas suatu sistem berdasar kriteria dan standar
6CreatingMenciptakan sistem baru dengan memadukan berbagai elemen secara koheren dan kreatif

Agar dapat diukur, setiap setiap capaian lulusan dijabarkan menjadi beberapa Indikator Kinerja (performance indicator) dengan tingkat pemikiran (cognitive level) tertentu. Dalam hal ini, dipakai tingkat pemikiran sesuai revised-Bloom pada tabel berikut:

LevelNameDeskripsi
1RememberingMenyebutkan pengetahuan dari ingatan jangka panjang
2UnderstandingMenjelaskan arti dari suatu subyek dalam konteks yang relevan
3ApplyingMenerapkan suatu prosedur / metode yang panjang secara tertib untuk mencapai tujuan tertentu
4AnalysingMenjabarkan struktur internal dan cara kerja suatu sistem sehingga jelas kegunaan dan unjuk kerjanya
5EvaluatingMembuat penilaian atas suatu sistem berdasar kriteria dan standar
6CreatingMenciptakan sistem baru dengan memadukan berbagai elemen secara koheren dan kreatif