Memasuki Masa UAS

9 Desember, 2008

UAS (Ujian Akhir Semester) untuk semester ganjil sudah di depan mata, mahasiswa Teknik Fisika akan menjalankan UAS untuk pertama kalinya sekitar seminggu mendatang. Untuk setiap angkatan memang berbeda, tergantung pada kebijakan dosen, akan tetapi yang pasti pasti terlaksana minggu depan.

Lalu bagaimana tentang kesiapan mahasiswanya?…
Setelah saya telusuri dari angkatan 2007 ternyata kesiapan mereka sudah jauh!. Sebagian besar dari mereka sudah merencanakan kegiatan setelah UAS. Kebanyakan dari mereka akan melakukan “hibernasi”, karena waktu tidur yang digunakan akan ditabung nanti menurutnya, “jadi sekarang ini belajar dulu, tidurnya setelah UAS saja sekalian” sebagian besar berpendapat seperti itu.

Masih banyak lagi kegiatan yang direncanakan angkatan 2007 setelah UAS nanti, misalnya saja mahasiswa TF 2007 sudah berencana mengadakan kegiatan sejenis “makrab” selama dua hari yang telah dibicarakan dari Jumat kemarin yang dipimpin oleh ketua angkatan 2007 yaitu Rahman Agil.
Tidak hanya itu, mahasiswa TF 2007 juga berencana untuk mengadakan kunjungan industri di daerah Bandung, rencananya mahasiswa TF 2007 akan mengunjungi PT Dirgantara Indonesia, selain itu mahasiswa TF 2007 juga berencana mengadakan kunjungan ke industri di luar kota bahkan luar Jawa. Untuk mensiasati biaya akomodasi dan harian, mahasiswa TF 2007 berusaha mencari dana sendiri untuk satu angkatan, misalnya dengan berjualan, menjadi pengawas ujian, mengajukan proposal dan mencari penelitian yang berguna untuk disumbangkan dan dikembangkan di industri yang akan mahasiswa TF 2007 kunjungi sehingga industri tersebut mau mensposori acara mahasiswa TF 2007. Harapan mahasiswa TF 2007 lebih besar pada opsi terakhir, karena mahasiswa TF 2007 berharap bahwa industri-industri di Indonesia memiliki riset penelitian tersendiri lebih dari sekedar pabrik sehingga produk-produk Indonesia berkualitas optimal.

Kegiatan lain yang sudah terencana oleh kebanyakan mahasiswa TF adalah “pulang kampung”. Sebagian besar dari mereka sudah menetapkan tanggal kepergian dan tanggal kembali ke Bandung untuk mengurus pendaftaran semester.

Semoga berjalan dengan lancar, dan semua memang harus direncanakan dengan matang.[ca]