Laboratorium Penelitian

Fasilitas Laboratorium

Laboratorium Pendidikan

Laboratorium pendidikan merupakan fasilitas penunjang pembelajaran. Di lingkungan komunitas Teknik Fisika ITB, terdapat beberapa laboratorium pendidikan serta ruang workshop yang digunakan untuk penyeleggaraan praktikum Lab Teknik Fisika I mengenai rangkaian listrik dan elektronika, II mengenai rangkaian digital dan mikrokontroler, dan III mengenai sistem dan metode pengukuran.


Pada semester VI, mahasiswa sarjana Teknik Fisika mulai memilih jalur spesialisasi bidang keahlian yang ada di Teknik Fisika yaitu: Instrumentasi & Kontrol, Energi & Termal, Fisika Bangunan, dan Pemrosean Material. Dalam melakukan kegiatan praktikum bidang spesialisasi ini, mahasiswa memanfaatkan fasilitas Laboratorium Penelitian yang ada di Lingkungan Komunitas Teknik Fisika ITB.

Laboratorium Penelitian

Untuk mendukung kegiatan Tridharma universitas, komunitas Teknik Fisika memiliki berbagai fasilitas laboratorium penelitian yang digunakan sebagai tempat aktivitas penelitian bagi staf peneliti, mahasiswa petugas akhir juga mahasiswa magister (S-2) dan doktoral (S-3). Berikut adalah daftar laboratorium-laboratorium yang ada di lingkungan komunitas Teknik Fisika:


Selain itu dosen-dosen dan peneliti di lingkungan komunitas Teknik Fisika memiliki akses dan kerjasama dengan beberapa pusat penelitian di lingkungan ITB seperti:

  • Pusat Instrumentasi dan Otomasi (Center of Instrumentation and Automation [CITA]) ITB
  • Pusat Penelitian Nantosains dan Nanoteknologi (PPNN) ITB
  • Pusat Unggulan Iptek Sustainable Transportation Technology (NCSTT) ITB