Teknik Fisika Juara II Lomba Cipta Elektronika Nasional 2009

20 November, 2009

TIMNAS FISIKA yang beranggotakan Ahmad Mujahid (13305007), Fajar Kharisma (13305079) dan Ikhtiar (13305092) meraih juara II Lomba Cipta Elektronika Nasional (LCEN) XIV 2009 yang diadakan oleh Jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS) pada tanggal 9 Februari -18 November 2009.
Tema LCEN XIV 2009 adalah ”Eksplorasi potensi anak bangsa dalam bidang elektroteknik demi terwujudnya Indonesia yang edukatif”. Acara LCEN ini merupakan salah satu dari rangkaian acara besar dengan nama “International Electrical Engineering Expo 2009” yang diadakan oleh Jurusan Teknik Elektro ITS.
Dalam Lomba Cipta Elektroteknik Nasional XIV 2009 terdapat dua kategori dan lima bidang lomba. Kaategori pertama adalah kategori Mahasiswa meliputi tiga bidang lomba, yaitu Bidang Telekomunikasi, Multimedia, dan Informatika (Telematika), Bidang Biomedik dan Bidang Elektronika dan Otomasi Industri. Adapun kategori kedua adalah kategori pelajar yang terdiri dari dua bidang lomba, yaitu bidang Elektonika Dasar berbasis mikrokontroler dan bidang Elektonika Dasar non mikrokontroler.
TIMNAS FISIKA pada lomba ini menampilkan karya berjudul “Pembuatan Prototipe Otomasi Separasi Cairan pada Proses Pencucian Biodiesel” dengan pembimbing Ibu Estiyanti Ekawati, Bpk. Wisnu Hendrajit dan Ibu Endang Juliastuti. Karya ini ditujukan untuk meningkatkan efisiensi pemisahan air dan biodiesel pada proses pencucian yang saat ini pada skala laboratorium masih mengandalkan pengamatan dan pengoperasian manual oleh operator. Setelah melalui tahap penjurian proposal pada 27 April – 22 Mei 2009, pada tanggal 23 Mei 2009 proposal tersebut diumumkan berhasil lolos dalam acara final (8 besar) untuk kategori Elektronika dan Otomasi Industri. Selanjutnya, lomba ini masuk ke tahap Perealisasian Karya pada 1 Juni – 12 Oktober 2009 untuk kemudian ditampilkan pada acara Final tanggal 8 – 15 November 2009.
Tim juri kategori yang Elektronika dan Otomasi Industri yang terdiri dari Bpk Hendra Kusuma, Bpk Djoko Purwanto (keduanya Dosen Elektro ITS), dan Bpk Rusdianto Roestam (BPPT) mengevaluasi karya finalis dengan cara mendatangi stand finalis untuk menilai presentasi, demo alat dan tanya jawab. Waktu penjurian untuk tiap finalis sekitar 20 menit, dengan pembagian waktu 5 menit untuk presentasi, dilanjutkan demo alat dan tanya jawab. Kriteria penilaian meliputi dua bagian. Bagian pertama adalah Penilaian Karya yang terdiri dari keberhasilan pengoperasian karya, inovasi dan orisinalitas ide, nilai guna dan nilai ekonomi, kompleksitas dan kecerdasan, desain dan estetika, kesesuaian karya dengan proposal karya. Bagian kedua adalah Penilaian Presentasi yang terdiri dari kemampuan menjelaskan dan mempertahankan ide, kesiapan presentasi, obyektivitas menanggapi pertanyaan, sikap dan penampilan.
Berikut adalah nama-nama pemenang LCEN XIV 2009 selengkapnya.
Bidang Elektronika dan Otomasi Industri
Juara I : Smasher-X2 (Teknik Elektronika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)
Juara II : Timnas FT (Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung)
Juara III : Ototronik D3 Mesin (D3 Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Bidang Telematika
Juara I : E-7 (Teknik Elektro Sekolah Tinggi Teknik Surabaya)
Juara II : Aeonflux (Teknik Elektro Universitas Brawijaya)
Juara III : Go_Kill Zion (Teknik Elektro Universitas Diponegoro)
Bidang Biomedik
Juara I : Binokuler (Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung)
Juara II : Lala (Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung)
Juara III : Braill-E (Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung)
Bidang Elektronika Dasar Berbasis Mikrokontroler
Juara I : Zn2 (SMA Cakra Buana Depok)
Juara II : Juisils (SMA YPS Soroako)
Juara III : B’Srohimav (SMK YPM 4 Taman Sidoarjo)
Bidang Elektronika Dasar non Mikrokontroler
Juara I : Sleeping Policeman (SMA YPS Soroako)
Juara II : Volt Master (SMP Kristen Petra 3 Surabaya)
Juara III : Stenza (SMKN 2 Salatiga)
Juara Favorit : Ototronik D3 Mesin (D3 Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Juara I pada setiap bidang mendapatkan Piala Mendiknas, dan semua juara pada setiap bidang mendapatkan Piala Walikota Surabaya serta total hadiah sebesar 54 juta rupiah.