Pelaksanaan Workshop Sehari Aplikasi Otomasi dan Komunikasi Data pada Sistem Pergerakan Minyak dan Gas

24 Juni, 2014

Bandung – TF ITB – Juni 2014

Sektor minyak dan gas (migas) memang tidak dapat dipungkiri memegang peranan penting dalam menjamin ketersediaan energi nasional hingga saat ini. Sebagai program studi yang turut serta dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang instrumentasi, kontrol dan otomasi pada bidang industri, Kelompok Keahlian Instrumentasi dan Kontrol – Program Studi Teknik Fisika mengadakan workshop sehari yang membahas konsep otomasi terkini dalam bidang migas. Workshop yang bertajuk “Workshop Aplikasi Konsep Otomasi dan Komunikasi Data pada Sistem Pergerakan Minyak dan Gas” dilaksanakan pada hari ini, selasa 24 Juni 2014 sebagai media tukar pengetahuan antara para akademisi, mahasiswa juga pihak perusahaan yang bergerak dalam bidang otomasi industri migas.

Kegiatan workshop diisi dengan empat sesi utama yang disampaikan oleh Dr.-ing. Parsaulian Siregar dari TF ITB yang mengulas mengenai standar dan konsep otomasi serta komunikasi data pada industri migas, dilanjutkan dengan sesi pemaparan studi kasus sistem otomasi dan IT dalam proses bisnis migas yang disampaikan oleh Gilang Kurniaji,ST dari PT.Cinovasi Rekaprima. Sesi berikutnya diisi oleh Adhi K. Hidayat, ST dari PT.Smartadeco Indonesia yang memaparkan kasus troubleshooting dan perbaikan subsistem SCADA dan akhirnya akan ditutup dengan sesi demo dan pameran perangkat otomasi dan komunikasi data  karya Lab. Instrumentasi Industri dan PT.Cinovasi Rekaprima.

Diharapkan kegiatan workshop kerjasama seperti ini dapat dilaksanakan secara lebih sering agar dapat memperluas wawasan serta mempererat hubungan antara perguruan tinggi dengan industri. Workshop ini terselenggara atas kerjasama Kelompok Keahlian Instrumentasi dan Kontrol dengan PT. Cinovasi Rekaprima. [NK]