Pertanyaan Umum

Pertanyaan Umum Tentang Teknik Fisika ITB

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering muncul dari masyarakat terkait Teknik Fisika ITB. Beberapa tanya-jawab pada halaman ini ditujukan bagi anggota masyarakat umum, termasuk calon mahasiswa S-2 dan S-3. Untuk pertanyaan tanya-jawab yang spesifik bagi siswa SMA/SMK/MA, akan disediakan halaman khusus yang saat ini masih dalam proses penyempurnaan.

Apa itu Teknik Fisika?

Teknik Fisika adalah suatu keilmuan yang mempelajari ilmu-ilmu teknik atau rekayasa dengan pendekatan saintifik yang dalam. Berbeda dengan program studi atau jurusan teknik lainnya yang cenderung sudah spesifik pada satu fokus bidang kerekayasaan tertentu, Teknik Fisika ITB memiliki ciri khas berupa program kurikulum pembelajaran yang mencakup seluruh bidang rekayasa termasuk dasar-dasar elektronika, mesin/mekanikal, material, desain dan proses industri. Oleh karena itu, seorang lulusan Teknik Fisika dinilai memiliki keunggulan dalam kemampuan untuk menjembatani antara sains dan rekayasa dalam usaha pemecahan masalah

Teknik Fisika dan Fisika Teknik apakah sama?

Teknik Fisika dan Fisika Teknik adalah jurusan yang sama. Awalnya Teknik Fisika memiliki nama resmi sebagai Jurusan Fisika Teknik, diambil dari keilmuan serupa yang berkembang di luar negeri dengan nama Engineering Physics. Oleh karena itu, di lingkungan ITB sendiri, komunitas Teknik Fisika masih sering disingkat dengan ‘FT’ yang diambil dari singkatan ‘Fisika Teknik’, begitu pula dengan nama resmi himpunan mahasiswanya yang disingkat HMFT. Akan tetapi dengan penyamaan format nomenklatur bidang keilmuan pada tahun 1980, nama Fisika Teknik diubah menjadi Teknik Fisika.

Teknik Fisika dan Fisika itu sama?

Teknik Fisika berbeda dengan Fisika. Seperti universitas lainnya, ITB memiliki prodi Fisika (baik S1, S2 dan S3) yang berada dibawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Perbedaan antara Teknik Fisika dan Fisika terletak pada beberapa hal termasuk susunan kurikulum hingga gelar lulusan dari masing-masing prodi. Lulusan prodi Fisika memiliki kualifikasi dalam bidang sains dengan gelar Sarjana Sains (S.Si.), Magister Sains (M.Si.) bagi lulusan S-1 dan S-2 nya. Lulusan prodi Teknik Fisika memiliki kualifikasi di bidang teknik dengan gelar Sarjana Teknik (S.T.) dan Magister Teknik (M.T.) bagi lulusan S-1 dan S-2 nya. Lulusasn Teknik Fisika juga dapat melanjutkan ke program profesi insinyur (Ir.) dan bergabung dalam asosiasi profesi keinsinyuran (PII).

Komunitas Teknik Fisika itu apa?

Seiring perkembangan keilmuan, program-program studi di ITB pun bertambah. Istilah ‘komunitas’ disematkan pada sebuah kelompok keilmuan yang menjalankan beberapa program studi (baik S-1, S-2 atau S-3)dalam satu rumpun keilmuan yang sama. Saat ini komunitas Teknik Fisika ITB menyelenggarakan Program Sarjana (S-1) Teknik Fisika, Program Magister (S-2) Teknik Fisika, Program Magister (S-2) Instrumentasi dan Kontrol serta Program Doktor (S-3) Teknik Fisika.

Dimanakah biasanya lulusan TF ITB bekerja?

Dengan dasar ilmu yang luas, lulusan TF memiliki kesempatan kerja yang luas, dari mulai industri proses seperti petrokimia dan migas, industri manufaktur, industri jasa, peneliti, wirausaha hingga pemegang keputusan. Beberapa profil alumni komunitas TF ITB dapat dilihat pada halaman alumni yang tersedia pada tautan ini.

Saya bukan lulusan Teknik Fisika, bisakah saya meneruskan pendidikan lanjut pada prodi yang ada di komunitas TF ITB?

Bergantung dengan latar pendidikan yang anda miliki sebelumnya, jika anda lulusan dari Prodi rumpun teknik dan sains anda bisa mendaftarkan diri ke prodi-prodi yang ada di komunitas TF ITB. Untuk info lebih lanjut, silakan baca info lebih lanjut pada laman yang tersedia dibawah menu ‘Program Studi’ pada menu bar diatas.

Apakah ada sub-jurusan di Teknik Fisika?

Lulusan dari prodi S1 / S2 Teknik Fisika atau S2 Instrumentasi dan Kontrol akan tetap memiliki gelar Sarjana / Magister dari program yang ditempuh tanpa ada keterangan sub-jurusan tertentu pada transkrip (kecuali jika mengambil minor di prodi komunitas lain di ITB). Akan tetapi mulai tahun ajaran 2019/2020, kurikulum terbaru sarjana TF menyediakan pilihan spesialisasi bagi mahasiswa di tingkat tiga yang terdiri dari:

  • Instrumentasi dan Kontrol
  • Fisika Bangunan
  • Energi dan Termal
  • Pemrosesan Material

Untuk program magister TF, empat jalur pilihan dapat anda pilih. Informasi lebih lanjut dapat ditengok pada laman ini.

Jika saya masuk TF ITB, apakah saya memiliki kesempatan besar untuk bisa ikut program kuliah di luar negeri atau bahkan melanjutkan kuliah ke luar negeri?

Ya, baik mahasiswa S1 hingga S3, untuk seluruh prodi di komunitas TF, kesempatan untuk menambah pengalaman belajar atau penelitian di luar negeri sangatlah tersedia. Mulai dari kesempatan program pertukaran pelajar, summer school hingga double degree tersedia di beberapa program TF ITB. Lebih lanjutnya anda bisa mengecek di halaman internasional dan halaman jejaring untuk melihat rekam jejak program-program dan jejaring TF dengan universitas dan lembaga di luar negeri.