Single Blog Title

This is a single blog caption
26 Nov 2019

Lab. Fisika Bangunan Teknik Fisika ITB Luncurkan Buku : Pemodelan dan Simulasi Pencahayaan Alami di Indonesia

/
Posted By
/
Categories

Bandung, tf.itb.ac.id – Dalaam upaya merancang dan dan mewujudkan lingkungan pengembangan berkelanjutan, kita paham benar bahwa perlunya kajian fisika bangunan. Ini termasuk aspek fisika baik ruang dalam maupun ruang luar sebagai lingkungan binaan. Kajian ini bertujuan untuk menciptakan ruang yang aman, sehat dan nyaman serta menjaga kebutuhan penggunaan energi yang efisien dan efektif.

Salah satu aspek integral dari fisika bangunan adalah pencahayan dalam lingkungan binaan. Pencahayaan ini terbagi atas dua jenis, pencahayaan alami dan sumber cahaya elektrik. Dalam konteks memenuhi aspek pengembangan berkelanjutan, fokusnya akan bertempat pada pencahayaan alami.

Pencahayaan alami dalam bangunan telah lama diketahui memiliki kontribusi besar dalam penggunaan energi, kesehatan dan kesejahteraan penghuni.

Dari segi kerekayasaan, tantangan utama dalam memanfaatkan pencahayaan alami adalah rancang bangun dari bangunan untuk memenuhi persyaratan kinerja visual dengan meminimalisir ketidaknyamanan visual dan penghematan energi. Sederhananya, pencahayaan alami dalam rancang bangun harus digunakan untuk menciptakan bangunan “berkinerja tinggi”.

Di lingkungan Institut Teknologi Bandung, penelitian cahaya alami, khusususnya di Indoensia, selama ini sudah dilaksanakan pada program studi Teknik Fisika dari Fakultas Teknologi  Industri ITB. Penelitian-penelitian tersebut berfokus pada konsep pemodelan, simulasi dan optimasi pencahayaan alami dalam bangunan. Dari sejumlah penelitian yang ada, khususnya dari rentang waktu 2014-2019, telah dipublikasikan melalui artikel atau makalah ilmiah dai berbagai jurnal baik nasional maupun internasional.

Untuk memaksimalkan pengenalan keilmuan dan hasilnya bagi khalayak Indonesia, kami menyunting ulang 12 artikel pilihan menjadi sebuah buku. 12 artikel tersebut kami bagi dalam 4 bab, yaitu verifikasi model, validasi metrik, optimasi bukaan cahaya alami, dan optimasi perangkat peneduh. Lewat buku ini, kmai harap khalayak Indonesia bisa semakin memahami kajian cahaya alami dalam rancang bangun. Dari buku ini juga, kami menghrapkan semakin luas dan mendalamnya edukasi tiap kita untuk terus semangat berbagi dan belajar bersama.