Open House International Undergraduate Program (IUP) Teknik Fisika ITB

10 Juni, 2022

Institut Teknologi Bandung membuka jalur pendaftaran internasional atau yang disebut sebagai International Undergraduate Program (IUP) bagi calon mahasiswa baru. Jalur penerimaan ini dibagi menjadi dua tipe jalur, yaitu International Class dan International Track. Sebagai bentuk upaya promosi jalur pendaftaran ini kepada calon-calon mahasiswa baru Institut Teknologi Bandung di seluruh Indonesia, ITB mengadakan kegiatan Open House International Undergraduate Program yang dilaksanakan secara daring menggunakan platform Zoom serta secara luring di Hotel Pullman, Jakarta Pusat.

Teknik Fisika ITB pada tahun ini terdaftar sebagai salah satu program studi yang membuka jalur International Track bagi calon mahasiswa baru. Pada jalur ini, mahasiswa baru selama tiga tahun pertama akan mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas reguler bersama teman-teman sepantaran lainnya di Institut Teknologi Bandung, kemudian di tahun keempat akan memperoleh kesempatan untuk menempuh studi di luar negeri di salah satu Universitas yang sudah terdaftar sebagai Partner University Teknik Fisika ITB.

Pada Sabtu (4/6/2022), Mohammad Kemal Agusta, S.T., M.Eng., Ph.D. bersama Faqihza Mukhlish, S.T., M.T., Ph.D. menjadi perwakilan Teknik Fisika di kegiatan Open House IUP sebagai penyampai materi kepada peserta yang hadir di ruang virtual. “Teknik Fisika bisa saya analogikan sebagai Avatar, di Teknik Fisika kalian bisa menguasai elemen-elemen dasar dari ilmu kerekayasaan,” ucap Pak Kemal ketika sedang memberikan overview tentang keilmuan dari Teknik Fisika itu sendiri.

Pada kesempatan tersebut juga dipaparkan tentang prospek kerja seorang Teknik Fisikawan ketika sudah menyelesaikan masa studinya, daftar Partner University pada program International Track, dan pengenalan alumni-alumni sukses lulusan Teknik Fisika ITB. Pada sesi tanya jawab, Pak Kemal juga menyatakan bahwa seorang Teknik Fisikawan adalah seorang generalis dan sekaligus spesialis. Pada tingkat kedua dan ketiga, mahasiswa Teknik Fisika akan mempelajari mata kuliah dasar kerekayasaan yang sangat luas agar mampu membentuk fondasi keilmuan yang nantinya memudahkan kita untuk memilih spesialisasi di tingkat terakhir.
Di lokasi yang berbeda, Ketua Prodi Teknik Fisika ITB, Ibu Ir. Estiyanti Ekawati, M.T., Ph.D., bersama Bapak Dr. Ir. Eko Mursito Budi, M.T. dan Narendra Kurnia Putra, S.T., M.T., Ph.D., mewakili Teknik Fisika di kegiatan Open House IUP secara luring di Hotel Pullman, Jakarta Pusat. Tidak berbeda jauh dengan sebelumnya, pada kesempatan ini pengunjung diberikan informasi-informasi penting yang berhubungan dengan program IUP serta jalur International Track di Teknik Fisika.
Harapannya, dengan diselenggerakannya Open House IUP kali ini dapat menarik perhatian serta minat para calon mahasiswa baru ITB untuk mendaftarkan diri di jalur penerimaan internasional, serta menyukseskan program internasional yang diadakan oleh ITB sehingga dapat terus berlangsung untuk tahun-tahun kedepannya. Terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh Bapak dan Ibu dosen dan tenaga pengajar Teknik Fisika yang terlibat atas waktu, usaha, serta dedikasinya dalam menyukseskan kegiatan ini dan telah berhasil mengenalkan dan menyebarluaskan nama Teknik Fisika ke masyarakat umum. Kami berharap semoga usaha yang telah dikerahkan tidak akan sia-sia dan membawa kebaikan untuk program studi Teknik Fisika ke depannya.
Penulis: M. Ihsan M (Teknik Fisika 2019)